Resep Gepuk: Rasa Lezat dari Padang

Pendahuluan



Gepuk adalah salah satu masakan khas Padang yang terkenal dengan rasa gurih dan pedasnya. Masakan ini terbuat dari daging sapi yang dipukul dan diolah dengan bumbu rempah-rempah khas Padang. Resep gepuk ini bisa menjadi alternatif bagi yang bosan dengan masakan daging sapi yang itu-itu saja.


Bahan-bahan



Untuk membuat gepuk, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut ini:
- 500 gram daging sapi has dalam
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 buah cabe merah
- 5 buah cabe rawit (atau sesuai selera)
- 2 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas
- 2 cm jahe
- 1 batang serai
- 2 sendok makan minyak goreng
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 2 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan air asam jawa


Cara Membuat



Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat gepuk:
1. Pertama-tama, potong daging sapi menjadi bagian yang tipis dan lebar. Kemudian, pukul-pukul daging dengan menggunakan ulekan atau palu daging.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, lengkuas, jahe, dan serai dengan menggunakan blender atau ulekan.
3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, dan garam hingga harum.
4. Masukkan daging sapi yang sudah dipukul ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan tumis hingga daging berubah warna.
5. Tambahkan gula pasir, kecap manis, dan air asam jawa ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan daging empuk.
6. Angkat gepuk dari wajan dan sajikan di atas piring saji.


Peluang Bisnis



Resep gepuk ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang ingin memulai usaha kuliner. Gepuk yang lezat dan pedas ini sangat cocok untuk dijual di pinggir jalan atau di warung makan. Anda bisa menjual gepuk dengan harga yang terjangkau, namun tetap dengan kualitas yang baik.


Penutup



Itulah resep gepuk yang bisa Anda coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat gepuk yang lezat dan pedas seperti yang dijual di Padang. Selain itu, gepuk juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Selamat mencoba!

close